h1

Lilin Hias

September 8, 2008

Nah, ini dia nih… yang mencuri perhatian saya.. Lilin Hias… Lilin Hias ini seperti lilin-lilin pada umumnya, hanya saja saat pembuatannya diberikan sentuhan pada bentuk dan warna. Bahan dasar lilin adalah bahan kimia bernama parafin. Dipasaran, parafin sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu parafin blok dan parafin cair. Selain parafin, bahan pendukung lainnya untuk membuat lilin hias antara lain Jelly lilin, Stearic Acid, dan pewarna. Untuk menghasilkan lilin hias batang, bahan yang digunakan adalah parafin blok dengan campuran stearic acid. Parafin blok dicairkan pada media panci hingga mendidih (ati-ati ya…waktu pembuatannya..very hot!). Selanjutnya, berikan pewarna sesuai kebutuhan. Setelah itu, tuangkan pada cetakan yang kita siapkan. Sebenarnya, banyak benda yang bisa digunakan sebagai cetakan, asalkan bahannya tahan panas dan lilin yang sudah kering dapat dengan mudah dikeluarkan dari cetakan tersebut, misalnya pipa paralon, cetakan kue dari bahan alminium, dan lain-lain. Meski lilin hias terbilang masih jarang, tapi sudah ada buku yang membahas soal lilin hias ini, selain itu banyak juga kita temukan cara-cara membuat lilin hias di internet. Lagi-lagi kita-kita pamer nih…tapi teteeeeep…saya belum mahir juga nih!. Nah, buat kalian…Selamat mencoba ya!

Baca Juga :
Pinterest di puncak popularitas
Merubah Manual Drawing Menjadi Digital Dengan Photoshop
Jenis – Jenis Kopi Manfaat memaksimalkan hobi

 

 

 

About these ads

120 comments

  1. Thanks, Hepingkale.

    Sarannya dari kamu bagus, sekarang ini aku dah buat. Trus ku mau uji coba supaya lilinnya bisa bening. Kalau kamu punya idenya share dengan ku ya.

    Thanks very much!

    Regards,
    Danny


  2. Makasih ya Danny. Pada umumnya, lilin transparan dibuat dari bahan lilin jeli yang dicampur dengan stearic acid. Namun, hasil dari campuran ini bersifat cair/lembek, lebih cocok ditempatkan pada media gelas atau sejenisnya. Selain dapat digunakan sebagai lilin yang dapat dinyalakan, bisa juga sekedar hiasan saja, dengan menambahkan pernak-pernik pada gelas atau asesoris seperti kerang, mainan bentuk ikan, atau ide Danny lainnya. Nah, kalau untuk membuat lilin batang tetapi transparan, belum kami coba. Kalau Danny menemukan caranya, waaaah…inovasi tuh…selama ini belum ada lho!. Jadi penasaran juga nih hapingkale. Salam kenal ya Danny.


  3. Terima kasih banyak atas informasi pembuatan lilin hias dan saya mohon maaf kalau lama membalas comments Anda.

    *> Iya agak sulit membuat lilin menjadi bening, ilmu yang saya dapatkan tentang kimia saat sma sudah saya uji coba aplikasi ke lilin tapi belum sepenuhnya berhasil, malahan saya sendiri kena musibah.

    *> beberapa minggu yang lalu saya punya ide gila yaitu membuat nyala api lilin berwarna biru. Saya mencampurkan bahan kimia KMnO4 (bisa menghasilkan warna api biru kemerahan apabila direaksikan dengan glycerin) dalam campuran lilin. setelah lilin tercetak, lilin akan berwarna ungu. tapi setelah dibakar nyala apinya gedhe banget jadi lilinnya cepet lumer, benar-benar membahayakan.


  4. Wah, iya nih.. Memang, dalam melakukan aktifitas apapun..kita perlu berhati-hati dan waspada.


  5. Lams knal dans
    sya tertarik dgn lilin hias maupun lilin jely.sya mo tanya sumbu tk lilin tu bhnny dpt dibli dimana? Trus spaya ctakan agr mdah diangkt pk cairan ap? Kbtlan sya pmbuat minyak”atsiri.sya ingn kmbngkan usha mhn blsny.


  6. Salam kenal juga mas yulianto permadi.. :)

    Saya coba jawab pertanyaan mas yul ya.

    Untuk sumbu lilin, yang paling baik digunakan adalah dari bahan katun, diameter sumbu disesuaikan dengan diameter lilin yang dicetak. Untuk hal ini bisa dikira2 sih, cuman lebih baik trial error, agar kita memahami kecocokan antara diameter sumbu dengan lilinnya, jika diameter sumbu terlalu kecil maka proses lelehnya lilin tidak sampai ke bagian tepi lilin, jadinya berlubang ditengah2nya, begitu juga sebaliknya. Kalau saya sih biasa beli di pasar didaerah saya mas yul, yang juga menjual peralatan kompor gas, kebetulan pedagang tersebut memiliki beranekaragam sumbu.

    Kalau kesulitan melepas lilin dari cetakan, triknya saya dapatkan dari buku (sepertinya masih ada ditoko buku terdekat ditempat mas yul) yaitu dengan cara memasukkannya kedalam fresher lemari es, intinya adalah membuat lilin pada cetakan menjadi mengkerut. Tapi hati2, jangan menggunakan fresher di lemari es yang digunakan untuk keperluan kita, hehe bisa tidak baik nanti!, gunakan saja tempat secukupnya untuk batu es dan tempat cetakan lilin.

    Mudah2an membantu, mudah2an usaha mas yul berjalan lancar. Terima Kasih


  7. Coamand ni saya ni pengusaha industri lilin mau bagi elmu klo temen minat end pengenalan semua bahan lilin kite bisa jelasin semua ok


  8. Mas Yul, di mana ya mencari peralatan untuk membuat lilin gerjea? Lilinnya berbentuk macam2. ada yang kecil, besar dan besar sekali / tinggi untuk kalau hari Paskah? trus untuk bahan membuat lilin yang tidak meleleh tapi menjadi uap, bahannya apa ya? mohon infonya ya mas… dan terima kasih sebelumnya. semoga usaha mas Yul sukses selalu.. Tq..


  9. Oops… sorry… tadi maksudnya kepada Hapingkale. Btw, kapan ya saya mendapat jawaban?… Tks lho sebelumnya… Bstrgds..


  10. Oke…gpp meski salah sebut nama..hehehe..maaf juga ya saudari Indri, karena keterlambatan saya membalas comment Anda. Untuk membuat lilin semacam itu, kita bisa menggunakan pipa paralon, karena sifatnya yang kuat menahan panas lilin saat proses pencetakan. Nah, saudari Indri tinggal menentukan panjang dan diameter pipa yang di inginkan. Untuk bahan lilin yang tidak meleleh tapi menjadi uap..hmmm..saya belum tahu, karena saya menggunakan bahan yang umum dipakai. Bung Lison…mungkin tahu…?? :).
    Itu balasan comment saya saudari Indri…semoga membantu..


  11. Terima kasih ya bung Lison…semoga usaha Anda berjalan lancar. Saudari Indri tanya tuh…soal lilin yang tidak meleleh… :) mungkin Anda bisa menjawab..


  12. Yth bung Lison.. Met pagi..
    Saya mau bikin lilin buat gereja. Tipenya macam2 tapi bukan lilin hias. Bagaimana cara bikinnya ya?.. Trus alat2nya bisa saya dapatkan dimana, kira2 harganya berapa ya?.. Bahan2nya apa saja dan ukuran bikinnya bagaimana? Hehe… banyak ya pertanyaan saya?… Ngrepotin dech..
    Saya sangat berharap dengan bantuan Bung Lison, saya yang pemula ini bisa berkarya dan juga menghasilkan.
    Anyway…, tks a lot untuk jawabannya ntar ya bung Lison…
    Tuhan memberkati..

    Salam,
    Indri


  13. Bung Lison…saudari Indri tanya tuh…! :)
    Comment saudari Indri sudah saya reply ke bung Lison… Semoga segera dijawab oleh bung Lison ya mbak :).


  14. halo2 saya ikutan yah…baru buka usaha lilin nih mesin2 baru masuk bulan lalu tapi masih kelas kcil lagi cari info campuran liin yg maknyos heehehhe tapi murah….karena lilin produksi saya yg ukuran kecil 14 cm aja bisa bertahan 5 jammmmmmmmmm ngak abis —– pertama2 sih senag dgn ramuan tsb tapi setelah mikir2 lagi kapan di order lagi kalau abisnya lama hehehehe


  15. oh yah lupa untuk DANNY thaks ,replay mengenai lilin yg berapi biru diatas membuat saya tertawa cukup lama…(benar2 berbahaya)……:D
    sekali tertawa umur bertambah panjang 1 tahun lohhhh thks bgt


  16. semoga sukses jim….


  17. wah,bagus amat ni artikelnya. tapi saya blom ngerti banget prakteknya. punya ym id ndak biar bisa langsung nanya2 ni. add ya ym id saya gsyah_bdg


  18. ada yg punya masukan komposisi lilin paling bagus?? tulung di share yahhhhhh


  19. bisa sekalian berkunjung ke web saya yah tq loh


  20. http://rajalilin.wordpress.com/…………tq semuanyaaaaaaaaaa


  21. Siiiiip deh mas jim…


  22. salam knl sblmnya….
    terima kasih anda sudah bagi2 ilmu anda untuk semua…

    saya mau tanya, bagaimana kita dapat memperoleh bahan2 untuk membuat lilin tadi, trus apa ada perbandingan antara bahan yang satu dengan yang lain…..? trus kl ada perbandingannya berapa banyak……? terima kasih sebelumnya……


  23. coba mas bagus cari bahan2 untuk membuat lilin di toko kimia di kota mas bagus. Dah tahu bahan2nya kan? naaah….semoga ketemu ya…


  24. Mas, saya mau belajar lebih jauh tentang pembuatan lilin hias nih..! kalo mau liat cara pembuatannya dimana ya? trus saya lagi coba buat sendiri tapi selalu saja terkendala oleh sumbunya..! saya coba pakai benang kasur tapi begitu kena dililinnya langsung mati..! gimana ya mas caranya untuk membuat sumbu yang bagus..? terima kasih


  25. Hai mas oezock. Pada dasarnya, sumbu yang baik adalah sumbu yang berbahan katun. Karna bahan katun ini tahan lama jika terbakar, contohnya sumbu kompor. Nah, dalam menentukan sumbu yang akan digunakan, sesuaikan ukuran sumbu dengan diameter lilin yang dibuat. jika sumbu lilin terlalu kecil, kemungkinan sisi luar lilin tidak ikut meleleh dan akhirnya, melubangi posisi tengah lilin saja, akibatnya lelehan lilin menggenangi hanya di posisi tengah saja dan dapat mematikan api pada sumbu.

    untuk referensi cara membuat lilin, silahkan kunjungi alamat berikut ya mas oezock…

    -http://www.candle-making-supplies.info/

    situs diatas menyediakan referensi membuat lilin. bagus juga mas oezock..model prakteknya macem2..disertai gambar juga.

    Itu dulu jawaban dari saya, semoga membantu ya mas…sukses..


  26. Mas,saya mau tanya proses pembuatan lilin mulai dari bahan apa saja yg dibutuhkan sampai proses pengerasannya..trimakasih


  27. Oke, sudah saya kirim lewat email ya mas ADI. Terima kasih.


  28. kasih harga – harga bahan tersebut dong…


  29. saya mau iseng2 bikin lilin jeli, mau tanya kalau mau beli bahan2 nya di mana yah ? setau saya bahan baku lilin jeli ada yang sudah jadi & tinggal di panaskan saja, kalau bahan yang seperti itu bisa beli di mana yah ?


  30. kalo di toko kimia di surabaya, harga parafin cair 1 liter 20rb, jelly lilin 1 ons 32rb, stearic acid 1 kg 32rb. Bagaimana di kota mas Ryan?


  31. Yup bener, tinggal dipanasin aja, cuma perlu tambahan stearic acid, dengan perbandingan tertentu. Slain itu kita bisa berkreasi dengan warna, dan benda2 menarik didalamnya. Coba cari di toko kimia di kota mbak rosalyn.


  32. Toko kimia d sby yg mnjual lilin jeli dimana ea maz?
    Saya blum dpet smpe’ skg

    perbandingan stearic acid n parafin cair itw brp ea maz?

    Bedax lilin hias n lilin malam it apa ea maz?


  33. maaf mas saya berminat untuk bikin lilin malam untuk batik dengan bahan baku sleak wax bagimana proses pembuatannya dan bahan kimia yg dibutuhkan


  34. hmmm…maaf banget nih alif…saya belum tahu tentang sleax wax / lilin malam untuk batik. Tetep semangat & semoga berhasil ya dengan ide yang alif punya.


  35. UDah ke Jalan Tidar? pusatnya toko toko kimia tuh… :). Dulu saya dapatkan bahan2 untuk membuat lilin hias disana..met jalan2


  36. Mas,saya mau tanya proses pembuatan lilin dari berbagai macam mulai dari bahan apa saja yg dibutuhkan sampai proses jadi..trimakasih


  37. Coba cek comment temen2 kita diatas…ada lho!


  38. mas,mau tanya lg..kalo mau buat lilin yang ada gelembung udara gimana?
    terimakasih..


  39. Coba bung zaqir cek http://www.candlehelp.com
    Semoga mendapat inspirasi… :)


  40. tanya mas,saya mau buat lilin utk mati lampu, saya kesulitan utk cetakanny.bs dbantu atu mas,klo ad yg jual cetakan murah bolehlah


  41. Untuk cetakan, kita bisa pakai cetakan kue yang berbahan alminium, pernah tahu gak?. Tergantung bang Arif mau buat lilin yang seperti apa? misalkan seperti bentuk lilin pada umumnya, kita bisa pakai pipa paralon, untuk ukurannya diameter…tinggal menyesuaikan aja dengan pipa paralonnya. Secara simple-nya begitu bang Arif.


  42. uda pernah nyoba,tp susah wkt mau dkeluarkan.ada solusi?thank’s before


  43. Oke, menurut sumber dan yang saya lakukan, lilin di dinginkan, karena lilin dapat bereaksi dengan suhu dingin (mengkerut/ mengecil ukurannya karena suhu). Bisa menggunakan freezer lemari es, Tapi ini bukan rekomendasi sih…karena dikhawatirkan nanti mencemari lemari es-nya. Selamat mencoba.


  44. sy gun,ikut tanya dong,1kg parafin airnya brp liter ya dan STA berapa sendok mas.Terimakasih


  45. salam kenal…
    tanya mas… saya ingin membuat kado untuk souvenir pernkahan sahabat saya.
    saya tertuju pada lilin hias.
    parafin padat, white oil, stearic acid sudah saya beli,,, nah masalahnya jelly liinnya gak ada…
    dah dicoba hasilnya uh,, jelx banget…
    mohon bantuannya…


  46. mas,, tanya d palembang gak ada yang jual jelly lilin,,, bisa saya pesan sama mas saja….


  47. Hai Kasmah/molek :)
    Saya mendapatkan jelly lilin di toko kimia di kota saya. Ada kok. Ngomong2, ingin membuat lilin apa dulu?.
    Kalau ingin membuat lilin padat, cukup menggunakan parafin blok dan stearic acid saja (plus warna + aroma).
    Kalau Lilin jelly, masukkan white oil ke dalam panci hingga panas, kemudian masukkan jelly lilin. 1 Liter white oil untuk
    1 ons jelly lilin. Iringi dengan adukan ketika jelly lilin di tuangkan, hingga tidak terlihat butiran jelly lilinnya.Selanjutnya, jangan
    bosan mencoba hingga menghasilkan lilin jelly yang bagus untuk hadiah ulang tahun teman Anda.
    Trus, kalau soal jelly lilin, maaf sekali ya…saya tidak bisa membantu, mengingat saya sedang bekerja di Gresik, dan kurang
    ada waktu untuk membelikan jelly lilin yang Anda inginkan. Harap maklum. Trims dah berkunjung ke blog saya.


  48. Halo Gun!
    Kalau yang saya lakukan, saya tidak menggunakan air untuk campuran bung Gun :). Biasanya air digunakan hanya untuk perantara saat kita membuat lilin, agar
    lilin tidak langsung dituangkan di panci. Stearic Acid berfungsi agar lilin tidak terlalu cepat meleleh (tahan lama),jadi kalau parafinnya 1 Kg, Anda bisa memberi STA sekitar seperempat dari parafin bloknya.
    Terima Kasih juga sudah mampir..


  49. gan, saya temennya kasmah.
    kira2 dmna saya bisa mendapatkan lilin jelly tersebut. juragan punya katalognya gak. bisa saya dikirimin katalog lilin lewat email gan..

    thanks bgt gan.

    salam hangat.


  50. Lam knl sobat! Mau nanya nih, bgai mana cr membuat lilin yg biasa di jual di wrng2, untk listrik mt. Bhnya apa aja, bgai mn membuatnya! Soalnya aq mau berbisnis nih. Aq dr bndung. Berapa biayanya untk bl bhn2nya gt! Jwb ya


  51. Hai Acmio… Salam kenal juga ya. Hmm… untuk bikin Lilin yang acmio maksud, pakai teknik celup aja. Bahannya Parafin, stearic acid, dll (di jawaban comment sebelumnya ada lho! coba baca2). :). Soal harga2nya…hmmm coba deh tanya2 harga bahan2 tersebut di Toko Kimia di Kota kamu, soalnya tentu harganya berbeda dengan disini. Thank’s ya Acmio atas kunjungannya. Met Bisnis…


  52. G ada aq bc2 jg, dr awal ampe akhir jg! Magsudnya yg di clup apa, dan perbandingan cr mencampurnya brp! Bhn nya yg dll apa yg jls ya!


  53. Hmm… :)
    Oke… untuk perbandingan takaran. Parafinnya 1 Kg, Anda bisa memberi STA sekitar seperempat dari parafin bloknya.
    Teknik celup sederhana banget acmio.. setelah acmio bikin adonan-nya (dalam keadaan masih panas/encer) pindahkan adonan tersebut dari panci ke wadah yang memiliki ketinggian seukuran lilin rumah yang biasa kita pakai (wadah yang tahan panas tentunya, bisa dari almunium atau plastik tebal, contoh : gelas dari plastik tebal). Langkah selanjutnya, siapkan sumbu lilin, panjangnya sesuai keinginan acmio deh, trus ikat salah satu ujungnya. Dengan memegang ujung yang tidak terikat, celupkan ke wadah yang berisi adonan lilin yang masih encer dan panas tadi, kemudian angkat, tunggu hingga agak kering, lalu celup lagi, begitu seterusnya hingga mendapatkan diameter sesuai keinginan kita. Jika selesai, potong ikatan sumbu tadi yang ada di bawah lilin. Oke…
    Soal bahan, kalau mau bikin lilin seperti maunya acmio, pakai parafin (blok/padat), stearic acid…dll-nya ya pewarna klo ingin berwarna, kemudian sumbu tentunya.


  54. Asa ribet, kalau pk cetakan gmn! Apakah cmpuranya parafinya g pk air!


  55. oke bro.
    Ribet apanya? lilin yang membasahi sumbu setelah dicelup itu cepet keringnya kok. Yo wis, kalau mau pake cetakan, ya boleh2 aja…kalau mau bikin lilin yang kayak lilin rumah, pake aja pipa dengan diameter sama sperti lilin rumah…mau bikin yg gede skalian? pake pipa yang diameter lingkarannya besar. Tutup salah satu lubang dengan penutup apa aja asal tahan panas dan rapat2. kemudian kamu lubangi bagian tengah seukuran sumbu, lalu ikat sumbu dan tutupi dengan mainan malam biar gak meluber lewat sela2 lubang sumbu (tau kan malam?yang bisa dibentuk2.apa tuh nama lainnya..lupa!). Klo bikin lilin dengan bentuk2 lain, ya pake aja cetakan apa aja klo kesulitan beli cetakan khusus lilin. cetakan yang bisa kamu pakai misalnya cetakan kue yang dari almunium, bentuk kembang kek, kumbang kek…apa aja, trus tetep…lubangi bawahnya untuk keluarnya sumbu. benda apa aja bisa kamu pake buat cetakan asal tahan panas & bisa nampung adonan. Soal air, baca jawaban comment ku buat gunawan di bawah!!!
    Oia, gmn keadaan Bandung pasca bencana alam disana? semoga Tuhan melindungi mereka & kita semua.


  56. Oh gt, mksh bnyak, ya aq aga jauh dr pusat bencana, tp wkt hari minggu di temptku terjadi angin puting beliung rumh tetanggaku abis, korban 1orang tertimpa pohön! Viking bonek bersatu hidup! Emang rmh km d mn


  57. Oh gt km tnggal di srabaya, waktu itu aq kesana waktu persib lwn persibaya km nonton ga!


  58. gimana caranya agar sumbu pada lilin digelas ga tenggelam….


  59. Maaf agak terlambat balasnya nih…Caranya, tentu sumbu harus di letakkan di gelas dengan benar, dan tentunya gunakan bahan sumbu yang baik. Ini nih… Ada trik untuk mengatasi hal ini, sebelum di letakkan ke gelas, celupkan dahulu sumbu pada adonan lilin padat tanpa warna.


  60. Alo…Mas mau minta tolong…Q lagi bikin lilin bahannya : parafin padat, stearin dan aroma, sumbuny a pake tali bangunan/tali kasur. Pertanyaannya kenapa sumbu lilinnya habis dimakan api dan lilinnya jadi gak nyala….Q udah nyoba berkali-kali, tetep ja lilinnya gk nyala dan sumbunya habis dimakan api. Gimana ni mas?. Mohon balasannya karena lilin ini untuk penelitian..Trimakasih..


  61. Alo juga….

    Waaah sedang penelitian nih… sip sip.

    Sumbu yang dipakai itu sejenis sumbu kompor silvi… nah.. tau kan…sumbu kompor itu tahan lama… begitu juga untuk sumbu lilin, bahannya sama namun kita pakai diameter sumbu yang kecil untuk lilin. Semoga berhasil ya


  62. met kenal , gmn cara membuat lilin mainan yang di jual di toko utk mainan. Bahannya apa saja .dan digmn caranya biar tidak berjamur


  63. Hai Yossi, lilin mainan yang dimaksud itu “lilin malam” itu ya? yang bisa dibentuk dan terdiri dari berbagai warna. Kalau iya, wah… saya tidak tau Yoss… Trims dah berkunjung.


  64. salam kenal,
    gimana ya cara membuat lilin yang transparan agar kita bisa menaruh benda didalam lilinnya


  65. hem..aq udah coba buat lilin jeli dari bahan white oil(parafin cair) n stearic acid tp msh belum bening..apa harus tambah lilin jeli itu yah?tp nama kimia dari lilin jeli itu apa?biar aq mudah carinya di toko?makasih banget bantuannya..


  66. Sudah pakai lilin jeli untuk adonannya? :)


  67. Buat lilin jeli aja bro. Tentu menggunakan gelas kaca untuk menampung lilin jelinya, karena sifatnya yang lunak. Nah, didalam wadah tersebut, kamu bisa meletakkan benda2 sebagai penghias didalamnya. Oke sob…


  68. kasih komposisi yang pasti donk,,,antara bahan2 yang ad. utk percobaan awal sedikit dulu aja. makasih


  69. Hola Heni…sori ya udah nunggu lama. Soal komposisi ada di jawaban comment2 temen2 diatas. Untuk perbandingan takaran nih… Parafinnya Blok 1 Kg, Anda bisa memberi Stearic Acid sekitar seperempat dari parafin bloknya. Oke… Thank’s ya hen


  70. kalo boleh tau lilin jelly itu parafin cair ya, yang ditambahkan steric acid. yang aku bayangin lilin jely itu lilin lunak bentuknya kaya jely , tapi bukan itu ya,,lilin jeli itu lilin cair ya


  71. Eh, bukan… lilin jelly ada sendiri :), berbeda dengan stearic acid dan parafin cair.


  72. mau tanya dong.. bahan2 pembuat lilin jelly itu jadinya lilin jelly, dan stearic acid? white oil dibutuhkan juga apa ga?? apa semua bahan tersebut dimasukan pada waktu bersamaan?


  73. iya bisa pake white oil, white oil juga berfungsi untuk mengurangi biuh pada saat pembuatan lilin jeli.


  74. hi mas Gun…lam kenal ya. aku mau terjun ke usaha handicraft…lilin hias salah satu itemnya… mau tanya soal “anti lengket”nya…namanya apa dan penggunaannya kapan berikut takarannya. thx ya…


  75. mas,,saya mw nnya ni
    mgenai pewarna yg biasa di buat untuk lilin tu apa ya mas???
    saya prnah nyoba buat lilin tp lilin yg sya buat tu stlah keras diatas lilin na gag bisa rata??
    bntuk nya jdi sprti gag pnuh atw sperti ada putaran air di dkat sumbu nya wlupun blm diidupin lilin na..
    itu di sbabkan apa ya mas???
    apa krna smbu na trlalu kcil??
    mkasih ya mass


  76. hai mas gun saya mau bertanya jenis paraffin padat/cair yang biasanya digunakan dalam pembuatan lilin dalam gelas??

    takaran-takaran smua bahan2’n dan sumbunya berap ya??


  77. saya sudah mencari seharian penuh dari jam 8 pagi sampek jam 8 malam di seluruh toko kimia dimalang san teman saya di surabaya, tidak ada yg namanya jelly lilin, cuma dapat paraffin cair. malah yg jual jadi bingung hahaha. ada yg bisa bantu info yg jual jelly lilin kalo perlu bahan dasar jelly lilinnya di malang ato surabaya? soalnya ini dah terlanjur penasaran thx


  78. Di Surabaya…. Jalan Tidar…… Dulu saya beli disana kok nyo….coba deh…


  79. semua toko kimia dijalan tidar sudah digerilya bro….. hasil nya nihil. kata penjualnya bahan itu sudah lama tidak diimpor lagi. trus ada solusi lain?


  80. Oo, gitu ya!! sayang sekali.. temen2 ada yg punya info gak nih?. Buat C-nyo… maklum nih broth, semenjak dapet kerja’an, lilin hias sudah kurang aku perhatikan… tetep semangat ya broth…. (Coba deh cari2 info di internet, kalaupun butuh banget, order aja…meski itu luar kota). Thanks….


  81. Haloo Hepingkale, nanya2 diikit yah.. sy baru mau coba buat lilin jelly. Bahan baku nya namanya apa yah kl mau cr di toko bahan kimia? Trs bentuknya apakah berupa bubuk ato?
    Sy dpt info dr teman sy, bahan baku lilin jelly itu harga per kilo nya 200rb. Itu harga dulu, harga sekarang pasti lbh dr itu.. Apa benar semahal itu yah? Kl di Surabaya, bisa dpt di toko mana yah bahan bakunya itu? Thx b4..


  82. hallo ow_kidd….
    Coba ke jalan kunjungi salah satu toko kimia di jl. Tidar Surabaya… silahkan survey dan konsultasi sama toko yang Anda kunjungi… :) good luck… :)


  83. met kenal mas,sy lia dr bdng.sy tertarik ingin buat lilin jeli,tp sy krng tau perbandingan takaran utk membuat ny tsb.apa mas tau?kl sekiranya mas tahu, bs tlng jwb nya di krim k email sy. trims sebelumnya.


  84. udah saya kirim via email. Semoga membantu.


  85. apakah ada toko kimia online yg menyediakan lilin jeli.? saya cari lilin jeli di kota saya (solo) tidak ada semua. jika ada yg tahu, infonya ya, makasi..


  86. hai, thanks banget buat infonya. saya juga sedang mau memulai usaha lilin hias di jakarta, ada yang bisa membantu memberikan pelatihan, bisa hubungi saya di khomeni_suntoso@yahoo.com. thanks ya


  87. yang punya info…silahkan bagi link buat ses Maria… Thank dah berkunjung ses Maria… :)


  88. artikelnya bagus,buat nambah ilmu.


  89. Wah, dapat kunjungan dari DiandraCandle
    Trims banget… d “, b


  90. MAS BRO IKUTAN NIMBRUNG, AKU DI KIRIMIN EMAIL DONG CARA MEMBUAT LILIN PADAT MAUPUN LILIN JELLY, SEKALIAN TAKARANNYA MAS BRO


  91. Lilin Jelly? Muter2 di rembang kok ga ada ya.. di pati juga gak ada? kok malah mubeng….Puyenk.. he.he.. kok bahannya membingungkan.. ada parafin cair, ada white oil, ada stearic acid, ada lilin jelly, yang bener mana sih kalau pengin buat lilin bening? mohon infonya dunk..

    By joko.sulistyanto@ymail.com.


  92. kalo beli bhan2nya dana ya ?
    ak mw coba bkin..


  93. Hallo Gan Joko.. Ya tergantunng maunya bikin lilin apa…lilin jeli atau lilin padat. Semua yang agan Joko sebut, adalah bahan2 yang dipakai untuk bikin lilin sesuai dengan kebutuhannya. Makasih Ya…


  94. Tata… Umumnya ada di Toko2 Kimia di kota Tata. Selamat mencoba…


  95. Boleh boleh…Gan Andre, silahkan nimbrung…hahaha. Sebenernya topik diatas sudah digambarkan cara bikinnya…. tinggal praktek & berkreasi/ bereksperimen aja Gan…Thanks dah nongol d “, B


  96. kirimin dong kak video rekaman cara pembuatan dan pewarnaannya lilin hias


  97. gan isam…. seru juga sebenernya….kapan ya bisa bikin2 video seperti permintaan gan isam? hehehe. Coba gan isam cari di youtube ya… pake keyword “how to make candle”….tuuuh, banyak kan…


  98. thanks y kak for your attention


  99. mas


  100. apakah ada yg jual lilin jeli ? di kota saya tidak ada
    my_cutie_molly@yahoo.com


  101. ya Mbak…. makasih kunjungannya…. :)


  102. Sis Maria… Kota mana? Temen2 yang sekota ma sis Maria, boleh bantu… :)


  103. sist,lilin nya di jual gak sist?


  104. Permisiii…
    ∂ķΰ mw txa,ada yg jual stearic acid n parafin?
    Klo ada hub 085331469965…
    Thank’s guys…


  105. Silahkan… yang ready stok stearic acid & parafin silahkan hub meira…mau diborong nih…hehehehe. Thanks Meira.


  106. permisi numpang nanya kalo mau memberi pewarna serbuk gmn caranya biar ga mengkristal saat ditambahkan ke campuran parafin dan stearic acid, soalnya dah coba beberapa kali selalu mengkristal dibagian bawahnya dan warnanya pun jd pucat sekali, nyari yg pewarna jenis lain dikota sy jg ga ada?
    kalo pake cat minyak bgmn cranya jg?
    satu lagi….ada ga tips cara mendinginkan supaya permukaannya rata alias ga cekung?
    thank’s buangggett buat tipsnya guys


  107. numpang lewat gan,
    saya punya paraffin cair dgn harga 10000 rp / liter
    barangkali ada yang minat
    hub saya 081233771733 yusuf.
    PERTAMINA lho


  108. numpang lewat gan,
    SY PNYA PARAFIN CAIR DGN HARGA 10 RB/LITER
    KLO ADA YG MINAT,
    HUB SY 087854001088 TORIQ
    BS KRIM DI KOTA TUJUAN ANDA


  109. maaf ikut nimbrung…untuk pewarnaan agar tidak mengkristal gunakan pewarna jenis solvent, di toko kimia buanyak, kalo boleh sebut satu merk (sunbright)…


  110. Thank you Diandra Candle… Atas ilmunya buat Irfani, dan kita semua. Semoga Sukses & karya2nya mendapat banyak apresiasi dari pecinta lilin hias… :)


  111. mlm mas klo campuran untuk buat lilinyg di jual di warung2 selain parafin apa lagi y mas soalnya aku nyoba 1kg parafin untuk di jadikan lilin ngga balik modal.kalo boleh tau untuk menambah jumlah lilin agar menjadi banyak apa y mas.makasih atas jawabannya mas


  112. ada yg jual parafin jelly untuk eceran mohon kasih tau soalnya aku baru coba2 untuk bikin lilin hias


  113. Thanks dewi atas kunjungannya di blog saya. Support & salut atas usahanya di bidang lilin. Artikel tentang lilin hias yang saya tulis disini kebetulan hanya untuk skala kecil dan hobi saja, jadi buat rekan2 semua yang sudah berpengalaman di bidang produksi lilin massal, boleh berbagi info buat dewi yang sedang butuh pengetahuan… :). Juga, bagi distributor parafin jelly, boleh nih PM ke dewi… sapa tahu diborong.. :D. Thanks dewi, semoga sukses & lancar bisnisnya… Salam d “, b


  114. low beli parafin itu biasanya d toko apa y ,,mohon infonya saya anisa dr palembang


  115. mas/mba bisa ngga kasih tahu bahan2 utk mmembuat lilin jelly &toko on line yang menjual bahan2nya.karena saya masih binggung campuran untuk membuat lilin jelly(kalo bisa sama komposisinya)kalo ada yg tau bisa kirim email ke saya
    (pangapunten@rocketmail.com)plisssss….


  116. ai anisa… di toko kimia. Coba deh, mampir ke toko kimia di kotamu.


  117. beli di toko kimia aja 


  118. halo mbak dewi. ehm, coba dulu mbak dewi baca komen2 dan jawaban dibawah… sepertinya komen2 dibawah seblumnya pernah ada obrolan soal lilin jeli. :) makasih kunjungan dan atensinya ya… semoga sukses…


  119. Mksih infonya mz hapingkale…
    Bermanfaat bgt nih bwt aku..
    Aku prnh bikin lilin hias, lilinnya jd warna warni.. tp aku kesulitan di sumbu. Udah tak coba brbagai mcm benang dr benang yg bwt bangunan sampai benang kasur (ketawa sendiri kadang hehehe) ga bs nyala. Tak baca dicoment2 seblumnya katanya pke bahan yg dr katun sprti sumbu kompor. Klo ak pke sumbu kompornya aja bs ya mz? Soalnya ditko kimia aku cari2 ga ad yg jual sumbu lilinnya mz..
    Moga msh bs dijawab y mz hehehe… tq


  120. Boleh aja Gustine… asal ukurannnya sesuai dengan diameter lilin. Thanks ya….!. Benang kasur… hahahaha ada ada aja d “, b… sip thanks kunjungannya yaaaaa



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: