h1

Rencana Relokasi Pasar Ikan Hias Surabaya

February 3, 2009

Di Surabaya, ikan hias juga banyak diminati oleh masyarakat, seperti halnya di kota-kota lainnya. Masyarakat atau penghobi ikan hias di Surabaya dimanjakan dengan kemudahan dalam mendapatkan ikan hias yang mereka inginkan. Hal ini ditunjang oleh banyaknya tempat atau pedagang ikan hias yang ada. Tempat-tempat yang menjadi kawasan perdagangan ikan hias contohnya di Jl. Gunung Sari (dua pasar, berbeda tempat), Jl. Irian Barat dan beberapa tempat lainnya.

Oleh karena letak pasar ikan hias yang berada pada lokasi yang berbeda-beda, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemerintah Kota Surabaya, mengupayakan relokasi untuk seluruh pasar ikan hias menjadi satu tempat di Jl. Gunung Sari dengan membangun gedung dua tingkat lengkap dengan fasilitas umum seperti tempat parkir dan sebagainya. Rencana tersebut sudah digodok sejak tahun 2007 yang lalu. Menurut Bapak Aris Munandar dari DKP Surabaya, ketika saya melakukan survey dan penilitian di Dinas tersebut, relokasi dilakukan agar seluruh pedagang ikan hias menjadi satu tempat, sehingga lokasi pasar ikan hias tidak berpencar.

Saat membicarakan tentang relokasi tersebut dengan salah satu pedagang ikan hias yang menjadi langganan saya, beliau mengatakan bahwa mereka tidak setuju untuk direlokasikan, salah satu sebabnya adalah lokasi yang kurang layak dimana lokasi yang akan digunakan untuk tempat relokasi tersebut bersebelahan dengan pangkalan truk pengangkut pasir. Tambahnya lagi, beberapa pedagang yang sudah menetap ditempat rencana relokasi saat ini, mulai tak betah dan ingin pindah ke tempat lain.
Meski demikian, mudah-mudahan pada akhirnya nanti, apapun hasil yang didapat tidak merugikan siapapun. Pemerintah kota senang, para pedagang senang, masyarakat juga ikut senang.

aneka-ikan

aneka-ikan2
Aneka ikan hias ditempat saya berlangganan ikan hias

8 comments

  1. menjual macam macam ikan hias,


  2. wah udah lama ya postingnya?


  3. Iya Tatan… postingan lama… Pasar Ikannya udah beroperasi tuh, beberapa pedagang (termasuk bapak teman saya) yang dari depan hotel singgasana pindah di situ. :) Trims dah coment2 di blog ku ya.


  4. Iya Tatan… postingan lama… Pasar Ikannya udah beroperasi tuh, beberapa pedagang (termasuk bapak teman saya) yang dari depan hotel singgasana pindah di situ. :) Trims dah coment2 di blog ku ya.


  5. assalamualaikum mas maaf mau tanya apakah bapak temannya mas juga salah satu pedagang yang direlokasi dipasar ikan hias gunung sari?
    apakah mas punya cp temannya mas?
    tolong balas di email saya
    ramaarifrahmawankurniawan@gmail.com

    karena saat ini saya mau penelitian di pasar ikan hias gunung sari surabaya.

    terimakasih


  6. Maaf, terlambat sekali mas, comment tak terbaca karena masuk pending!!!!… mungkin seakarang Anda sudah menyelesaikan penelitiannya ya…hehe. Iya, Bapak teman saya pedagang ikan disana, sampai sekarang masih jual di pasar ikan hias di gunungsari. Thanks mas rama! :)


  7. mat siang mas bro…salam kenal untuk bro.saya disini pengen sekali mendapatkan chanel untuk pasokan ikan hias ke daerah saya.kebetulan saya lagi mau berbisnis ikan hias di daerah saya.mohon bantuan jalan yang baik untuk sya bisa berkomunikasi dengan bapak dari teman mas bro…,thanks,,,,wasalam ..,Roland Tuanaen


  8. Terima kasih Gan Roland Tuanaen atas kunjungannya. Saya senang sekali Anda berkunjung ke blog saya apalagi kalau sampai menjadikan inspirasi untuk Anda. Mohon maaf, untuk kerjasama seperti itu, saya tidak berani banyak ikut andil, alangkah baiknya gan Roland menghubungi perwakilan organisasi disana dan membicarakan kerjasama lebih lanjut. Jika ingin tidak terlalu formal, bisa menghubungi salah satu pemilik stan untuk kerpeluan pembelian dalam jumlah banyak. Di sosial media/ internet ada beberapa informasi stand yang bisa anda dapatkan. Semoga membantu & semoga bisnisnya segera berjalan & sukses.



Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

