h1

Penipuan berkedok undian berhadiah

December 11, 2008

Sebenarnya trik penipuan semacam ini sudah bukan hal baru lagi, metodenya adalah si pelaku menghubungi langsung melalui telepon atau melalui ponsel ke calon korban, dan memberitahukan bahwa calon korban memenangkan sebuah undian berupa uang tunai (bisa juga barang).  Dari sini, pelaku berharap agar calon korban akan tergiur dan semakin menarik perhatian calon korban. Setelah itu, dengan kalimat-kalimat yang seolah meyakinkan, pelaku akan meminta data tabungan pribadi seperti atas nama, nomer rekening, hingga password.

Kenapa saya tahu? Tunggu dulu, saya bukan pelaku atau mantan pelaku lho…  Saya cuma calon korban saja, saya mengalami hal ini 2 kali, si pelaku secara langsung menghubungi nomer HP saya dan memberitahukan kepada saya bahwa saya telah memenangkan undian sebesar 10 juta rupiah. Dengan manisnya si pelaku mengeluarkan kata-kata seperti “demi keamanan…”, “kabar gembira untuk keluarga di rumah…”, dan iming-iming tipu muslihat lainnya, sampai kemudian pelaku meminta data tabungan kepada saya. Dari kejadian ini, dapat kita simpulkan bahwa :
1. Jangan percaya dengan orang yang tiba-tiba menelepon, mengaku dari instansi tertentu dan memberitahukan bahwa kita memenangkan undian.
2. Meski kita mengikuti suatu undian, pastikan terlebih dahulu dengan menghubungi penyelenggara terkait soal daftar pemenang undian, dan lain sebagainya.
3. Jangan memberikan data tabungan kita sedikitpun kepada orang yang tidak kita kenal.

penipuan-berhadiah

Trus, akhir cerita kejadian yang saya alami bagaimana? Nah, baik kejadian pertama atau yang kedua, pada awalnya saya pura-pura percaya dan terus menanggapi obrolan pelaku, setelah pembicaraan cukup lama dan tidak bersemangat lagi untuk ngajak ngobrol mondar-mandir si pelaku, saya ketawain deh tuh pelaku, toh si pelaku juga yang rugi, bukan pulsa saya berkurang.

Meski penipuan ini bukan hal baru lagi, masih banyak pelaku penipuan yang menggunakan cara ini, berarti masih ada kemungkinan adanya korban yang mengalami kerugian karena penipuan ini.

Untuk itu, saya dan rekan-rekan semuanya perlu waspada dan mengabarkan kepada keluarga, saudara, tetangga atau teman kita mengenai hal ini.

2 comments

  1. wah tulisan kita hampir sama mas….
    izin kopi ilustrasinya😀


  2. Assalamu’alaikum…

    Postingan kita kebetulan gitu ya?…padahal tidak direncanakan, hehehe.
    Soal ilustrasi…ehmmmm….jadi termehek2 nih! jadi malu! itu direct draw langsung pake Mouse di photoshop lho… istilah bahasa surabaya-nya…mbleyot kabeh! (menceng semua).

    Salam kenal ya…



Leave a Reply

