h1

Breeding Cupangku

February 11, 2009

Pertama kali saya coba breeding cupang beberapa minggu lalu, burayak yang berhasil menetas hingga ratusan itu ternyata satu persatu tidak bisa bertahan hidup sampai akhirnya mati semua (sedih banget). Burayak hasil silangan crowntail (jantan) dan halfmoon (betina) tersebut bertahan paling lama 3 minggu. Setelah saya evaluasi, saya dapatkan kesimpulan, yaitu faktor makanan yang saya berikan. Saya memberikan pakan buatan, kemudian saya haluskan agar dapat dimakan burayak. Ketika saya perhatikan, memang burayak memakan makanan yang saya berikan itu, hanya saja sisa makanan yang tidak termakan membuat air sedikit demi sedikit keruh. Menurut Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Banten dalam Usaha Pembenihan Ikan Hias Cupang Di Kab. Serang, pakan yang diberikan pada hari ke-3 sampai ke-14 adalah Moina sp., yang disaring beberapa kali dengan frekuensi dua kali perhari. Setelah itu benih dipindah ke wadah yang lebih besar volume 20 liter sampai benih berumur 30 hari. Pakan benih umur 14 hari sampai umur 30 hari berupa Moina sp ditambah Daphnia sp yang disaring dan diberikan 2 kali/hari. Pakan benih umur 30-45 hari berupa Daphnia sp dan Chironomus sp 5-10 ind./ekor ikan dengan frekuensi dua kali/hari. Selain itu ada juga yang memberikan pakan rotifera dan cacing tubifex. Kalau cara yang saya gunakan dalam memberikan pakan untuk burayak diatas, saya dapatkan tuntunannya dari penjual ikan hias langganan saya “sembarang pakan mas, asalkan burayaknya mau makan aja gak masalah kok”, hehe jadinya nurut aja dan lagi saya tidak paham betul tentang pakan seperti rotifera, tubifex, Moina, dan yang lainnya.
Selain itu menurut saya adalah faktor air. Ketika mengganti air, saya menghindari air langsung dari PDAM karena khawatir akan kandungan negatif pada air yang dapat membuat burayak mati. Untuk mengatasi hal itu, saya ambil air dari akuarium yang sebelumnya akuarium tersebut ditempati ikan hias lain seperti guppy, koki, patin, dan beberapa ikan lainnya, setidaknya air dari akuarium telah melalui filtrasi dan pemberian gelembung udara secara aktif yang membuat kandungan negatif pada air tersebut berkurang atau hilang, pikir saya waktu itu. Namun, ada satu hal yang lepas dari perhatian saya, yaitu penyakit ikan. Untuk ukuran ikan dewasa, penyakit sangat mengganggu, apalagi untuk burayak.
Berbekal dari pengalaman pertama yang kurang maksimal, saya akan coba terapkan lebih serius, tampak pada gambar di bawah ini, sepasang cupang yang saya miliki siap melakukan pemijahan. Semoga berhasil dah!. Bagi rekan-rekan yang berpengalaman, boleh dong bagi informasinya, terima kasih.

Pemijahan Cupang 2 pemijahan cupang 1

20 comments

  1. assalam………

    hai adik-adik yang gemar ikan cupang,,,,,,

    ikan cupang tu sangat mengasikan karna ada yang untuk aduan dan ada juga yang untuk hias,,,,

    jangan di sia-siakan untuk penghobi ikan cupang hias maupun ikan cupang aduan


  2. ass……
    saya salah satu penggemar ikan cupang.
    saya sudah sering melakukan pemijahan,tapi burayaknya selalu mati.padahal saya sudah kasih makan kuning telur.
    tolong bantuannya
    thank’s


  3. Oke, referensi sudah saya kirim lewat email…moga berhasil dan “anak2nya” bisa sampai besar… hehehehe


  4. saya juga setiap kali melakukan pemijahan burayaknya selalu mati.
    tolong bantu saya juga ya.
    terima kasih


  5. Jangan menyerah bung gamma…..lebih di pembahasan dalam comment ini sebelumnya ada, silahkan cek lagi, atau lebih enaknya lagi silahkan ngobrol2 & tanya ma pedagang ikan deket tempat bung gamma…bisa lebih puanjang luebar begitu.🙂 Semangat!


  6. maf saya mau tanya,kapan induk cupang jantan diambil setelah telur2 menetas&burayak harus di kasih makan apa?thanks


  7. hallow adhit..🙂
    Angkat induk jantan kalau burayak2nya sudah bisa berenang sendiri dhit. Kalau pakan burayak, usia 3-4 hari bisa diberi infusoria (biasanya terdapat di akar2 tanaman air) atau rotifera. Setelah usia 1 minggu, beri kutu air yang telah disaring, agar sesuai dengan ukuran mulut burayak yang mungil itu, hingga 3-6 minggu selanjutnya, adhit bisa tetap memberi pakan kutu air, atau diganti pakan lain seperti jentik nyamuk atau pakan ikan kemasan yang umum dijual di pasar ikan. Good Luck dhit!


  8. Untuk wilayah bojonegoro, tempat penangkaran cupang[budi daya] dimana ya?
    Mohon bantuan dari teman2 smwa


  9. Buat yang tahu info yang diperlukan Isant… boleh bagi infonya. Buat Isant, thanks atas kunjungannya….🙂


  10. salam kenal,.. saya benben khrisnnsdi salah satu penghobies betta dan msh trus bereksperimen utk menghasilkan burayak yg sehat dan banyak hingga dewasa, ikutan coment : setuju jantan di angkat setelh burayak bisa brenang horizontal (skitar 3-5 hari) dan diberi kuning telur yg sblmnya dcampur air aduk rata dan jangan terlalu bnyak kira2 aja, hehe.. stelah umur burayak 1 mnggu lebih bisa dberi microworm (starter bnyak djual di FB) or artemia/baby bryshrimp (BBS) toko aquarium besar banyak di jual kemasan kecil Rp.10.000 kalo di daerah saya.. umur 1 bln bs dksh makan cacing sutra tp hrs dlm kndisi bersih / bisa cacing beku …. semoga bermanfaat _____ salam betta 96 Khrisnandi


  11. Siiip… Thanks banget lho Gan Khrisnandi….dah bagi2 info..


  12. Gan tolong dong makanan burayak usia tiga hari, tuh apa sih !
    Soal nya di kasih kuning telur kayak nya gak di makan, saya kasih kutu air yang sudah di saring juga gak dimakan .
    Saya bingung kasih makan apa,.
    Tolong solusi nya dong gan soal nya burayak saya sudah banyak yang mati, yang hidup nya tinggal sedikit !
    Help me !


  13. makanan burayak yang gan rian berikan itu sebenernya sudah bisa lho. ada faktor-faktor lain yang bikin burayak mati, kebersihan air, goncangan, dll….


  14. semoga berhasil gan, ane juga hoby banget ngawin silangin ntu cupang berbagai jenis. tp ya itu. ane kerja sampe ga sempet meratiin kondisi burayak n air. pada akhirny burayak banyak yg mati. makan juga seadanya tu ikan. salam cupangerz..


  15. Ass. Mohon maaf nih gan sbelumnya, mau nanya klo induk jantan itu dipisahinnya kapan ya sama burayaknya? Terus klo nggk dipisahin apa si jantan bakal memakan anak2nya? Tolong bgi informasi ya bagi yg udh ahli😀 thanks


  16. wa’alaikumsalam… gan agus sudah bisa memisahkan induk jantan setelah burayak berumur tiga/ empat hari. Thanks gan agus udah mampir d “, b. salam buat Betta Fish nya… hehe


  17. ass….
    bg, ukuran wadah yang ideal untuk pemijahan kira” brp sih !!


  18. wass… d “, b
    Gak harus di tempat yang besar… yang penting pemberian airnya mas rahmat… antara 15 – 30 cm dari
    wadah yg dipakai.


  19. BELAJAR DARI KEGA2LAN,ITU ADALAH GURU YG TERBAIK DAN SEDIKIT BERTANYA ITU AJA CUKUP,HANYA ITU SARAN SAYA HE..HE..HE.


  20. Bener juga nih Gan Muliadioktario… Thank kunjungannya ya..



Leave a Reply

