h1

Sablon emblem sendiri

March 3, 2009

Waaah… celana jeans saya sudah robek terlalu parah nih di bagian lututnya,
sampai terlalu lebar sobekannya hingga tidak cocok untuk dipakai lagi. Alih-alih fungsi, saya potong bagian celana tersebut hingga berubah fungsi menjadi celana pendek, lumayan!Hehe masih bisa digunakan.

Nah, bekas potongannya itu masih bisa dimanfaatkan lho! bisa untuk banyak hal, tidak saja hanya untuk gombal/ serbet dan semacamnya. Berhubung saya bisanya sablon menggunakan screen printing, saya sablon deh, lalu saya jadikan emblem yang selanjutnya bisa kita tempatkan di jaket, tas, topi
dan lain-lain asal cocok. Tentunya kain yang sudah di sablon dengan gambar yang kita inginkan, kita potong deh kainnya sesuai gambar yang tertera, lalu di Neci atau Obras.

nyablon1Proses menyaput emblem1Emblem

nyablon2Peralatan sablon

Ohya, bagi yang belum tahu, untuk sablon screen printing, secara umum bahan yang digunakan antara lain :
1. Bingkai screen : untuk mencetak gambar pada media yang digunakan. Ukuran bingkai dan kerapatan kasa memiliki fungsi sendiri, apakah untuk media kain, plastik, kertas, kayu, dll.
2. Rakel : Untuk menyaput pasta pada bingkai screen saat mencetak gambar pada media.
3. Obat afdruk (emulsi) : Untuk mentransfer gambar pada bingkai screen.
4. Pasta sablon : Cat untuk sablon yang nantinya menempel pada media yang disablon. Jenisnya beranekaragam, ada pasta standar, pasta karet, pasta karet emboss (timbul). Umumnya pasta digunakan untuk sablon pada media kain.
5. Tinta pasta sablon : Pewarna untuk pasta sablon..Hehe! untuk kreasi warna-warni.
6. Tinta : Berbeda dengan pasta, istilah tinta sablon disini digunakan untuk sablon pada media plastik, kertas, dll. Biasanya sudah dalam kondisi berwarna.
7. Remover : Remover terdiri dari bermacam2, ada yang menggunakan M3 special (M3 umumnya digunakan untuk pengencer, tergantung dari tipe M3), Soda Api, atau yang lainnya.

Lalu, untuk alat pendukungnya yang juga perlu adalah meja khusus (terdiri dari kaca dan lampu) yang berfungsi untuk proses afdruk (transfer gambar) dan mencetak gambar. Trus perlu catok juga, bukan untuk meluruskan rambut lho… Haha! tapi catok yang ini untuk menahan bingkai screen agar tidak berubah posisi.

Oia, jangan lupa juga lindungi tangan anda dan pernafasan anda…maklum..
sebagian bahan-bahan sablon merupakan nahan kimia yang cukup keras. Let’s Do It Your Self…D.i.Y yuhui…🙂

6 comments

  1. aku mau pesan sablon kaos partai besar


  2. 🙂 Mas sueb rizal, maaf sebelumnya, disini saya cuma berbagi cerita saja dan tidak menerima pesanan, cuma pengalaman saja dan saya gunakan untuk sablon keperluan saya sendiri. Coba mas sueb rizal temukan penyedia jasa cetak/ sablon di daerah Anda. Makasih ya mas.


  3. Mas, minta penjelasanya yg lebih detail dong ttng proses percetakanya. Mohon dibalas via email. Sy sgt mengharapkan bantuanya.


  4. Okey…dah saya balas ya…puanjang lebar lewat email.🙂


  5. Mas, sya mau tnya ttng pasta timbul (embos). Slain dpt di krjakan dg tehnik printing/ bsa jg d poleskan dg kuas biasa scara langsung pd media kain, adakah tehnik yg lain agar menghasilkan tekstur yg brbeda (agar tampak sprti bunga kol/ brokoli). Mohon pnjelasany. Harap di bls via email ya. Mkasi bantuany..


  6. painting brarti ya….. selain alat tekstur khusus (dari luar negeri sono, sumber google), setau yang saya lihat, banyak alat yang bisa dibuat untuk membuat tekstur… misal, palet knife/ pisau palet (biasa dipakai pelukis), sisir,… itu yang pernah saya lihat. Saya pikir, mungkin mbak dyna bisa eksperimen menggunakan alat apa saja/ cara apa saja untu menciptakan tekstur yang diinginkan… semoga jawaban saya bisa membantu… trims kunjungannya…



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: